Minggu, 29 Desember 2013

Membersihkan Gigi Bayi yang Aman dan Nyaman

Membersihkan Gigi Bayi - Masa awal pertumbuhan gigi pada bayi terkadang diabaikan oleh orang tua karena setelah gigi susu habis, gigi permanen akan tumbuh dan di saat itulah orang tua baru akan mengajari anak untuk membersihkan gigi. Gigi permanen memang amat penting untuk dirawat namun gigi susu sebagai awal dari gigi permanen juga harus dibersihkan. Jika tidak dibersihkan, gigi susu tetap akan menyimpan kuman dan berisiko rusak, berlubang, dan sakit gigi. Membersihkan gigi susu juga harus disesuaikan dengan sikat apa yang Anda gunakan. Ada beberapa cara membersihkan gigi susu anak, pertama menggunakan kain sebagai tahap awal dan sikat gigi berbentuk jari yang pas untuk gigi susunya.



Pertumbuhan gigi susu biasanya akan dimulai saat si kecil berusia sekitar 4 bulan dan Anda harus mulai terbiasa membersihkan gigi bayi Anda menggunakan kain basah dan menyeka bagian permukaan gigi 2 kali sehari. Untuk gigi susu pada bayi yang masih terlalu belia, Anda tidak memerlukan pasta gigi karena kandungan fluoridenya tidak dianjurkan untuk bayi. Pada beberapa kasus khusus, beberapa bayi memerlukan pasta gigi karena rapuhnya tulang dan gigi mereka. Pasta gigi juga mengandung kalsium yang memang diperlukan untuk gigi sedini mungkin. Cobalah untuk mengonsultasikan apakah si kecil sudah waktunya menggunakan pasta gigi atau belum.

Ketika dokter menyarankan untuk menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride dan kalsium, gunakan dengan jumlah kecil atau sebesar biji beras saja. Penggunaan fluoride yang berlebihan bisa menjadi racun bagi anak. Si kecil juga mungkin menelan pasta gigi tanpa Anda ketahui. Menelan pasta gigi dalam jumlah besar bisa menyebabkan muntah dan diare. Gigi yang terlampau kotor memang harus dibersihkan menggunakan pasta gigi karena pasta gigi juga mampu membunuh kuman. Selain itu, untuk menghindari risiko tertelannya pasta gigi, sebagai tips untuk para orang tua, ketika memberihkan gigi bayi Anda gunakan pasta gigi yang tidak memiliki varian rasa buah-buahan karena memang pada dasarnya pasta gigi bukanlah makanan.

Lalu kapan saat yang tepat untuk menggunakan sikat gigi pada anak? Cek terlebih dahulu jika ada berapa gigi susu yang sudah tumbuh. Jika 10 gigi sudah tumbuh, itu berarti Anda harus mempersiapkan sikat gigi khusus untuk bayi. Kini, tersedia sikat gigi yang memang dirancang khusus untuk gigi kecil anak. Sikat ini berbentuk seperti tabung yang ukurannya pas dengan jari ibu. Sikat yang terdapat di bagian luarnya juga berukuran kecil sehingga tidak membuat buah hati tersedak. Sikat ini merupakan tingkatan kedua setelah kain sebagai pembersih gigi. Dengan menggunakan sikat jari ini, ibu juga akan merasakan daerah gigi yang telah dijangkau sikat dan yang belum.

Benda ini juga sepenuhnya terbuat dari bahan silikon yang lembut untuk daerah mulut bayi. Pergerakan sikat gigi juga harus diatur seperti berputar sesuai arah jarum jam. Fokuskan ke daerah dekat gusi karena daerah ini menyimpan sisa makanan paling banyak. Gusi si kecil juga masih sangat lembut dan empuk, pastikan Anda menggosok giginya dengan pelan dan lembut juga. Setelah digunakan untuk membersihkan gigi bayi Anda, rendam sikat gigi jari ini dalam air hangat dan Anda siap untuk menggunakannya lagi.


Sumber: bilna.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Paling Populer