Senin, 30 Desember 2013

Sekilas Info Tentang Menyusui

menyusui bayi

Kalau Anda berniat memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda, maka Anda membuat keputusan yang sangat bijak. Anda mungkin khawatir tidak dapat menyusui dengan baik. Hal ini biasa dialami oleh ibu ibu muda.Disibi kta akan membahas sedikit hal tentang menyusui, mungkin dapat membantu Anda lebih mengerti tentang menyusui.


  1. Apakah ASI adalah makanan yang terbaik bagi bayi kita? 
  2. Anda boleh bertanya pada dokter atau ahli anak tentang makanan yang paling baik untuk bayi, dan pasti mereka akan menjawab bahwa ASI adalah sumber nutrisi yang sempurna. ASI mengandung 400 macam nutrisi dan hormon yang berguna bagi perkembangan bayi. Ia juga memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk melawan penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI lebih sehat dan terhindar dari penyakit seperti infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, infeksi saluran kencing, dan radang usus.
    Di samping bermanfaat bagi bayi, menyusui juga memberikan dampak positif untuk ibu. Dengan menyusui, kemungkinan untuk terjangkit penyakit semacam kanker payudara, kanker ovarium, dan osteoporosis menjadi kecil.

  3. Apakah kualitas ASI dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu? 
  4. Banyak Ibu khawatir akan kualitas ASI yang dihasilkan apabila mereka memakan makanan sembarangan. Faktanya, Anda tidak perlu membuat perubahan ekstrem pada menu makanan sehari-hari sebab apa yang Anda konsumsi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas air susu. Walaupun begitu, Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar stamina tetap terjaga walaupun sibuk mengurusi si kecil.

  5. Berapa lama ibu harus menyusui bayinya?
  6. Departemen kesehatan merekomendasikan ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan terlewati, Anda dapat mulai memberikan makanan pendamping sampai bayi menginjak usia 1 tahun karena hal ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh bayi untuk bekerja dengan baik. Setelah 1 tahun, Anda bisa memutuskan untuk terus memberikan ASI hingga ia berumur 2 tahun atau tidak tergantung dari kondisi buah hati.

  7.  Bagaimana cara menyusui yang baik?
  8. Jika sekarang Anda mempersiapkan diri untuk menyusui, beberapa langkah di bawah ini dapat Anda gunakan sebagai panduan. 
    • Menyusui biasanya memerlukan waktu antara 5-40 menit. Oleh karena itu, carilah tempat yang nyaman sebelum Anda memberikan ASI kepada si kecil.
    • Posisikan diri Anda senyaman mungkin sehingga tidak membuat lengan dan punggung sakit. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan bantuan bantal untuk membuat si kecil nyaman.
    • Ketika mulai menyusui, perhatikan apa yang Anda rasakan ketika si kecil mulai menetek. Pastikan puting payudara Anda berada dalam mulut buah hati.
    • Jika memiliki payudara yang cukup besar, mungkin Anda akan merasa lebih nyaman untuk berbaring disampingnya ketika menyusui.
    • Apabila payudara terasa sakit ketika bayi menetek, masukkan kelingking diantara gusi bayi dan puting payudara. Dengan demikian si kecil akan memperbaiki posisi mulutnya sehingga Anda akan merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Paling Populer